Minggu, 08 Agustus 2010

Jejaring Sosial Aktifitas Utama Berinternet

Berselancar di dunia maya saat ini didominasi untuk aktifivitas jejaring sosial, ketimbang membaca email. Demikian hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen Co.

Menurut lembaga terkemuka itu, netters asal Amerika Serikat menghabiskan seperempat waktu berinternet mereka di Facebook atau situs jejaring sosial. Sedangkan menonton video game online, membaca dan mengirim e-mail sebagai aktivitas online paling populer kedua.

Laporan itu mengatakan bahwa warga Amerika menghabiskan 22,7 persen dari waktu online mereka pada jaringan sosial atau blog pada bulan Juni 2010, naik 43 persen dibandingkan dengan Juni 2009.

Sedangkan bermain di video game online meningkat sebesar 10,2 persen pada periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, waktu yang dihabiskan di situs berita menjadi 19 persen atau menurun 4,4 persen dari semua aktivitas. Berkirim pesan instant, seperti Yahoo Messenger turun 4 persen menjadi 15 persen.

"Sebanyak 40 persen dari waktu online dihabiskan di warga AS untuk melakukan tiga kegiatan, membuka jaringan sosial, bermain game online dan e-mail, "kata analis Nielsen Dave Martin dalam siaran beritanya, yang dikutip SF Gate, Selasa (3/7/2010).

Facebook, yang baru saja mengumumkan bahwa mereka telah melampaui 500 juta anggota aktif di seluruh dunia, mungkin yang paling bertanggung jawab atas pola pergeseran aktivitas online.

Facebook memungkinkan anggota merekomendasikan berita, video atau lainnya yang menarik dalam sebuah topik, atau mengirim pesan cepat dan langsung satu sama lain.

Dalam kategori jaringan sosial saja, pangsa 84,8 persen besar dari semua aktivitas online pergi ke Facebook, yang anggota-anggotanya melakukan log on rata-rata 6 jam dalam sebulan. MySpace jauh berada di posisi kedua dengan 5,6 persen dari total waktu yang dihabiskan.

Dalam kategori game online, game Redwood City besuta Electronic Arts menguasai 16,7 persen, menyusul Irvine's Blizzard Entertainment, dengan market sekira 11,5 persen.

Sedangkan Mafiawars.com, situs Web untuk media sosial game Mafia Wars, datang ketempat ketiga dengan pangsa 5,2 persen.

"Kendati di komputer kalah, namun, e-mail tetap menjadi aktivitas yang paling populer di ponsel, peningkatan terjadi dari 37,4 persen menjadi 41,6 persen," kata Nielsen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar