Minggu, 08 Agustus 2010

Sebagian Besar Pembaca e-book Dikuasai Amazon

LAS VEGAS - Membaca buku kini memulai era barunya, jika dulu membaca harus mengandalkan buku yang dicetak diatas kertas, maka sekarang beralih ke buku elektronik atau e-book.

Berbeda dengan buku print, membaca e-book tentunya membutuhkan perangkat khusus agar bisa membaca fitur buku elektronik tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan RR Bowker, ada beberapa perangkat yang menjadi favorit dalam membaca e-book.

Dari hasil survei tersebut, Kindle adalah perangkat yang paling populer untuk membaca e-buku. Sebanyak 40 persen mengatakan perangkat membaca buku elektronik it, sementara komputer datang tepat di belakang sekitar 39 persen.

RR Bowker menyebutkan ada pasar yang berkembang dari orang-orang yang membaca e-book, tetapi masih belum memiliki perangkat khusus. Konsumen ini mengatakan perangkat seperti Kindle terlalu mahal tapi menemukan lebih mudah untuk mendapatkan konten di ponsel atau komputer.

Seperti dikutip TG Daily, Minggu (8/8/2010) Itulah mengapa penting bahwa Amazon, Barnes & Noble, dan Borders semua membuat pilihan konten e-book tersedia pada perangkat lain.

Dengan demikian, Apple yang menjagokan tablet iPad masih terbilang kecil di pasar e-book. Amazon memegang mayoritas, mengambil 61 persen dari semua pembelian e-book, diikuti oleh Barnes & Noble sebesar 20 persen, perpustakaan sebesar 7 persen, dan 5 persen dari Sony.

Sementara itu 49 persen dari seluruh pelanggan e-book mengatakan mereka sekarang secara eksklusif atau "sebagian besar" membeli semua buku-buku kedalam e-book. Sepertiga dari mereka bahkan mengatakan bahwa mereka akan menunggu berbulan-bulan untuk sebuah buku baru yang mereka inginkan apakah itu hanya tersedia di cetak dan mereka harus menunggu untuk mendapatkannya secara elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar